UNIVERSITAS BALI INTERNASIONAL
INTELLIGENCE TO BE ADVANCE
PROGRAM STUDI BISNIS DIGITAL
Alamat : Jl. Seroja, Gang Jeruk, Kelurahan Tonja Denpasar Utara, Bali 80239
Telp : (0361) 4747770 | 081238978886 | 085924124866
Email : iik.medali[at]gmail.com
UNIVERSITAS BALI INTERNASIONAL
INTELLIGENCE TO BE ADVANCE
PROGRAM STUDI BISNIS DIGITAL
Literasi Digital, Diharapkan Generasi Muda Makin Cakap Digital
  15 March 2023 - Dibaca 7 kali
  Oleh Administrator

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kominfo RI berkolaborasi dengan Relawan TIK Provinsi Bali dan Universitas Bali Internasional itu mengusung tema "Generasi Muda Indonesia yang Produktif dan Cakap di Era 4.0" diikuti oleh Mahasiswa UNBI secara hybrid sekitar 500 orang baik online dan offline. Dengan menghadirkan Pembicara Dosen UNBI AA Ngurah Bagus Aristayudha, Pandu Digital I Wayan Adi Karnawa, Relawan TIK Provinsi Bali Ni Luh Putu Ning Septyarini PA yang dimoderatori oleh I Putu Cikal Taruna dari Relawan TIK Provinsi Bali

Literasi digital tersebut dapat memberikan kontribusi solusi dari permasalahan yang ada di perguruan tinggi khususnya perguruan tinggi yang ada di Bali.

Mengingat, perkembangan teknologi di dunia sangat pesat dan tentunya membawa pengaruh yang besar bagi seluruh kalangan masyarakat. 

Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi tersebut membuat Indonesia dinyatakan sebagai pasar ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara.

Masa depan industri digital tentu berada pada generasi muda Indonesia termasuk salah satunya adalah berada pada mahasiswa, dengan demikian maka perguruan tinggi juga memiliki peran penting sebagai lembaga pendidikan untuk melahirkan generasi yang terampil, mandiri dan mampu bersaing secara nasional maupun internasional.

Perkembangan teknologi di Indonesia selayaknya diikuti oleh peningkatan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam penggunaan teknologi itu sendiri. Pemberdayaan SDM Indonesia melalui kegiatan literasi digital merupakan salah satu usaha penting yang dapat dilakukan. Melalui kegiatan literasi digital diharapkan dapat terciptanya generasi muda Indonesia yang makin cakap digital. 

Oleh karena itu, peran perguruan tinggi sebagai wadah mengasah SDM Indonesia unggul sangat dibutuhkan untuk mendukung adanya pemberdayaan literasi digital di kalangan mahasiswa. 

Dengan begitu, maka generasi penerus bangsa akan mampu bersaing dalam segala sektor dan tentunya sektor perekonomian Indonesia juga dapat semakin meningkat. 

Hal ini juga menjadi salah satu tujuan agar terciptanya Indonesia makin cakap digital.

"Harapannya, mahasiswa yang juga adalah generasi muda Indonesia di lingkungan perguruan tinggi dapat meningkatkan kemampuannya dalam penggunaan teknologi yang tepat guna," ujar Ngurah Mayun.

Kemampuan penggunaan teknologi yang tepat guna itu dapat dimulai dari peningkatan kecakapan masing-masing individu dalam penggunaan platform digital yang dapat mendukung kehidupan baik dalam lingkup kampus maupun sosial, beretika dalam berinteraksi di dunia digital, memahami cara menjaga privasi dalam penggunaan internet, sampai dengan menjadi warga Indonesia yang berbudaya dalam dunia digital.

Oleh karena itu, pelaksanaan kegiatan literasi digital bagi generasi muda Indonesia dalam lingkungan perguruan tinggi ini sangatlah dibutuhkan. 

Dengan adanya pelatihan ini diharapkan para mahasiswa di lingkungan perguruan tinggi akan dapat menjadi agen perubahan yang dapat selanjutnya memiliki kemampuan digital dan dapat membawa masyarakat pada umumnya menjadi semakin cakap digital. Sehingga dengan kemampuan digital yang memadai, para generasi muda Indonesia di lingkungan perguruan tinggi kedepannya dapat bersaing di dunia nasional maupun internasional. 

Kemudian diharapkan langkah yang dilakukan ini juga dapat mewujudkan Indonesia Cakap Digital tahun 2023.

Hal itu pula sebagai tindak lanjut keberhasilan UNBI dalam pelaksanaan program Matching Fund Kedaireka Tahun 2022 bersama Kominfo RI untuk meliterasi 1500 masyarakat Desa Adat di Provinsi Bali. 

Sehubungan dengan transformasi digital, kegiatan ini memiliki tujuan untuk menyukseskan program dari pemerintah dalam hal ini Literasi Digital tahun 2023 yaitu Indonesia Makin Cakap Digital dan memberikan kepada masyarakat di lingkungan Perguruan Tinggi untuk mengimplementasikan penggunaan teknologi yang baik dan benar.

Kemajuan kampus UNBI besar dipengaruhi peran para alumni. Mereka juga bisa ikut promosikan UNBI ke masyarakat yang sudah memiliki 15 program studi (Prodi).

Sampai saat ini, UNBI telah memiliki prodi yang tergabung dalam Fakultas Bisnis, Sosial, Teknologi dan Humaniora yakni Bisnis Digital, Informatika, Psikologi, Ilmu Administrasi Niaga, Ilmu Administrasi Negara, Hubungan Internasional, dan Hukum. (GAB/ART/001)
            
Baca artikel atnews, "Dibuka Warek I UNBI Ngurah Mayun, Diharapkan Generasi Muda Makin Cakap Digital" selengkapnya https://atnews.id//portal/news/17446